Selasa, 28 April 2020

Cara Memanen Kroto Dengan Baik Dan Benar



Hanya Sebuah Blog Biasa - Kroto adalah istilah yang umumnya digunakan untuk menunjuk telur atau larva semut. Kata Kroto berasal dari bahasa Jawa dan juga menjadi kata yang populer di bidang lain.


Sekilas, Kroto terlihat seperti butiran beras karena bentuknya oval dan berwarna-warni. Butir kroto memiliki panjang sekitar 1 cm dan diameter sekitar 5 mm.

Kroto dapat diproduksi dari semut rangrang. Sayangnya, Kroto ini sangat dilindungi oleh semut pekerja, jadi berhati-hatilah saat memanen Kroto. Namun, jika dijual, Kroto dapat menghasilkan banyak keuntungan.

Kroto sebenarnya banyak digunakan sebagai obat herbal atau sebagai makanan burung karena mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Burung yang menerima Kroto juga akan lebih gesit dan mungkin berkicau lebih merdu.

Kiat Pertumbuhan Kroto


Ada berbagai cara untuk meningkatkan atau meningkatkan Kroto. Cara paling populer adalah dengan menggunakan stan atau pot paralon. Beginilah cara ternak Kroto menggunakan media paralon:


  • Buat model rak dua tingkat.
  • Potong paralon hingga 50 cm atau bisa juga disesuaikan dengan lebar rak
  • Tempatkan rak dalam wadah dengan minyak atau minyak agar semut tidak dapat meninggalkan paralon. Pastikan juga paralon atau kisi tidak bersentuhan dengan dinding atau benda lain sehingga semut tidak dapat merangkak
  • Menabur kroto atau biji koloni semut rangrang dalam sangkar
  • Beri makan semut hewan kecil yang telah dihancurkan sebelumnya, seperti kadal, belalang, jangkrik, ulat bulu atau hewan lainnya.


Kroto dapat dipanen setelah 15-20 hari. Panen ini bisa dilakukan jika sarangnya penuh telur atau kroto putih.

Cara memanen Kroto


Berikut ini adalah penjelasan tentang cara memanen Kroto dan mengikuti tip panen Kroto untuk menghindari digigit.

Pakailah sarung tangan terlebih dahulu


Untuk mencegah kulit Anda digigit selama panen Kroto, Anda bisa mengenakan sarung tangan sebelum panen. Sarung tangan ini akan memberikan perlindungan pertama untuk tangan Anda terhadap gigitan Kroto. Sarung tangan yang dapat Anda gunakan, misalnya, sarung tangan plastik atau karet.

Oleskan pati, aromaterapi atau losion pada sarung tangan


Kroto tidak suka aroma pati, aromaterapi, lotion atau lavender.

Karena itu, untuk menghindari gigitan Kroto, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang disebutkan di atas. Bahan-bahan ini memiliki bahan dan aroma yang dapat membuat Kroto pusing dan lemah, sehingga lebih mudah ditangani saat panen.


Gunakan panci yang memiliki pegangan

Untuk memanen Kroto, Anda dapat menggunakan panci dengan pegangan. Item ini akan membantu Anda mengontrol Kroto selama panen sehingga tidak luput. Memiliki pegangan di wajan dapat membantu Anda mengontrol dan mengenali Kroto yang mencoba melarikan diri ketika dia panen.

Gunakan botol air mineral bekas

Agar panen Kroto lebih mudah, Anda juga bisa menggunakan botol air bekas. Botol bekas ini cukup berlubang untuk dapat melewati kawat atau tongkat kayu kecil yang dipasang sebagai pendukung Kroto. Setelah semua jalur Kroto dan panen selesai, Anda dapat melepas kawat atau tongkat.

Ini adalah penjelasan tentang cara memanen Kroto. Semoga bermanfaat.